Translate

Jumat, 30 November 2012

Perisai Api Neraka

السلام عليكم ورحمةالله وبركاته
Kali ini saya sebagai penulis akan sedikit berbagi pengetahuan. Di sini yang di maksud perisai ini bukan merupakan perisai biasa, yang terbuat dari besi ataupun baja. Mlainkan sebuah perisai yang dapat melindungi dari api neraka.

Apa itu?
Oke, langsung saja pada pokok permasalahan.

Pada sebuah riwayat.
Al Faqih berkata: "orang yang dapat di percaya menceritakan kepadaku dengan sanadnya dari Khalid bin Imran, bahwasanya Nabi SAW keluar kepada kaumnya lantas berkata:
●Rasul:
siapkanlah perisaimu.
●Para Sahabat: Wahai Rasulullah, apakah ada musuh datang?
●Rasul: tidak, namun perisai dari api neraka.
●Para sahabat: apakah perisai kami dari api neraka itu?
●Rasul bersabda:
سبحان الله والحمدلله ولااله الاالله والله اكبرولاحول ولاقوة الابالله العلي العضيم
Subhaanallaahi walhamdu lillaahi wa laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil 'aliyyil 'aziim (Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah maha besar. Tidak ada daya dan ada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Luhur lagi Maha Agung). Bacaan tersebut nanti pada hari kiamat akan dtang mendahului (membimbing ke surga), menghindarkan (dari api neraka) dan menjaga (keselamatannya).

Jadi yang di maksud dengan perisai api neraka adalah bacaan kalimat tasbih.
◆Faedah dari membaca kalimat tersebut adalah: barang siapa membacanya 1 kali, maka Allah mencatat untukny 5 macam :
1. Di catat termasuk orang-orang yang berdzikir banyak.
2. Ia merupakan orang berdzikir yang paling utama pada waktu malam dan siang.
3. Bacaan itu merupakan tanaman baginya di surga.
4. Dosa-dosanya berguguran sebagaimana daun pohon yang kering berguguran.
5. Allah melihat kepadanya, dan barangsiapa di lihat oleh Allah, maka Allah tidak akan menyiksanya.
Naah, di atas ini sedikit faedah dari membaca tasbih.

★Riwayat baca an tasbih

Di riwayatkan dari Ibnu Abbas ra.
Sesungguhnya ketika Allah Ta'ala menciptakan 'Arasy, Dia memerintahkan kepada malaikat untuk mengangkatnya dan mereka merasa berat, lalu Dia menyuruh mereka membaca
سبحان الله
(SUBHAANALLAAH)Sampai Allah menciptakan Nabi Adam AS. Ketika Nabi Adam bersin, beliau mendapatkan ilham supaya membaca,
الحمدلله
(ALHAMDU LILLAAH) lantas Allah menjawabnya:
يرحمك ربك
"(YARHAMUKA ROBBUKA)dan karena inilah Aku menciptakan kamu". Kemudian malaikat beskata: "Kalimat yang kedua ini sangat baik dan mulia. Kami tidak boleh melewatkannya", maka mereka senantiasa mengucapkan:
سبحان الله والحمدلله
"SUBHAANALLAAHI WAL HAMDU LILLAAH". Sampai Allah mengutus Nabi Nuh AS Karena kaum Nabi Nuh AS adalah kaum yang mula pertamanya menyembah berhala, maka Allah memberi wahyu kepada beliau untuk memerintahkan kaumnya supaya membaca:
لااله الاالله
(LAA ILAAHA ILLALLAAH)supaya Allah meridhai mereka. Kemudian malaikat berkata: "Kalimat yang ketiga ini sangat baik dan mulia, kami tidak boleh melewatkannya", maka mereka menggabungkannya dengan kedua kalimat yang terdahulu, sehingga senantiasa mengucapkan:
سبحان الله والحمدلله ولااله الاالله
(SUBHAANALLAAHI WAL HAMDU LILLAAHI WA LAA ILAAHA ILLALLAAH)sampai Allah mengutus Nabi Ibrahim AS beliau di perintahkan oleh Allah supaya berkurban yang kemudian di ganti dengan kibas. Ketika beliau melihat kibas itu, karena kagum dan gembira, beliau mengucapkan:
الله اكبر
(ALLAAHU AKBAR). Kemudian malaikat berkata: "Kalimat yang keempat ini sangat baik dan mulia", maka mereka menggabungkannya dengan ketiga kalimat terdahu, sehingga mereka senantiasa mengucapkan:
سبحان الله والحمدلله ولااله الاالله والله اكبر
(SUBHAANALLAAHI WAL HAMDU LILLAAHI WA LAA ILAAHA ILLALLAAHU WALLAAHU AKBAR). Sewaktu malaikat Jibril menceritakan hal ini kepada Nabi SAW. Beliau sangat kagum, lantas mengucapkan:
لاحول ولاقوة الابالله العلي العضيم
"(LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL 'ALIYYIL 'AZIIM), Saya gabungkan kalimat ini dengan keempat kalimat terdahulu". Jadi kalimat-kalimat yang di ucapkan malaikat secara lengkap adalah:
سبحان الله والحمدلله ولااله الاالله والله اكبرولاحول ولاقوة الابالله العلي العضيم
(SUBHAANALLAAHI WAL HAMDU LILLAAHI WA LAA ILAAHA ILLALLAAHU WALLAAHU AKBAR WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL 'ALIYYIL 'AZIIM).
Seperti itulah riwayat bacaan tasbih.

Sdikit pengetahuan dari saya, semoga bermanfaat...
السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

Tidak ada komentar:

Posting Komentar